Portal Resmi Pemerintah Kota Tual

Persiapan Kota Tual Menuju Eleminasi Malaria di Tahun 2022

BERITA TERKINI

Pemerintah Kota Tual

Persiapan Kota Tual Menuju Eleminasi Malaria di Tahun 2022

Kamis, 04 November 2021 17:00 WIT

TUALKOTA.GO.ID,TUAL__ Indonesia telah menargetkan untuk mengeliminasi malaria di tahun 2030. Selama sepuluh tahun terakhir, program malaria di Maluku telah menunjukkan kemajuan signifikan, dari provinsi endemis malaria tinggi di tahun 2010, hingga menjadi provinsi endemis malaria rendah di tahun 2020. Saat ini, tidak ada lagi kabupaten/kota di Maluku yang memiliki status endemis malaria tinggi. Lebih lanjut, Gubernur Maluku juga telah menandatangani keputusan pembentukan Tim Eliminasi Malaria Provinsi Maluku untuk mempersiapkan dan membimbing kabupaten/kota dalam mencapai agenda eliminasi malaria yaitu tidak adanya kasus malaria lokal di Maluku.

Koordinasi Tim Eleminasi Malaria Dengan Penanggungjawab Malaria Puskesmas Tual Terkait Dokumentasi Untuk Persiapan Eleminasi Malaria

UNICEF sebagai mitra pembangunan yang mensupport pemerintah dalam bidang kesehatan bersama implementing partner Yayasan Pelangi Maluku Berupaya untuk mencapai eliminasi Malaria, salah satunya dengan mendukung pendekatan sistematik melalui penguatan peran Tim Eliminasi Malaria Provinsi Maluku, untuk mempersiapkan tiga kabupaten/kota di Maluku yakni Kota Ambon, Kabupaten Buru, dan Kota Tual untuk mencapai sertifikasi bebas malaria oleh Komite Penilaian Eliminasi Malaria Nasional.

PKM Tual

Dalam upaya persiapan tersebut, perlu dilakukan pertemuan berkala dengan tim eliminasi Malaria kabupaten/kota serta Puskesmas dan Rumah Sakit setempat, untuk memastikan setiap fasilitas Kesehatan memiliki kesiapan yang sama untuk mencapai target sertifikasi bebas malaria.

Dinas Kesehatan Kota Tual melalui Tim Eleminasi Malaria Provinsi Maluku melakukan beberapa tahapan persiapan eleminasi malaria di Kota Tual yaitu Pra-Penilian, Kunjungan lapangan dan Pertemuan advokasi. Pada hari Rabu, 3 November 2021 Tim Eleminasi Malaria Maluku Dinas Kesehatan Kota Tual dan Yayasan Pelangi Maluku melakukan kunjungan lapangan pada Puskesmas Tual dan Puskesmas Dullah Laut, RS.Maren  dan 1 Laboratorium yang ada di RS.Maren.

Koordinasi Dengan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual Terkait Kegiatan Pra Penilaian, Kunjungan Lapangan dan Pertemuan Advokasi Kota Tual Sebagai Persiapan Eleminasi Malaria Kota Tual

Dilanjutkan dengan pertemuan 16 Puskesmas yang diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Plt. Kadis kesehatan drg. Maxie M.B. Tinggogoy, dengan tiga pemateri yakni Daud Samal, S.KM dari Tim Eleminasi Malaria Prov.Maluku, Nurhamsa Mandak SKM.,M.Kes Selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tual,dan Ibu Risa Lating dari Dinkes Prov. Maluku.

PKM Dullah Laut

Tiga pemateri tersebut memberikan pemaparan terkait situasi terkini dari Penyakit malaria yang ada di Provinsi Maluku dan Kota Tual Serta penilaian mandiri mengunakan aplikasi Kobocollect.

Pemaparan Materi Pertama Oleh Daud Samal,S.KM dari Tim Eleminasi Prov. Maluku
Pemaparan Materi Kedua situasi eliminasi malaria Kota Tual oleh Kabid P2P Dinkes Tual
Pemaparan Materi ketiga dari Ibu Risa Lating (Dinas Kesehatan provinsi Maluku) Penilaian mandiri untuk persiapan Eliminasi dengan kobocollect

Tujuan  umum pertemuan advokasi untuk persiapan sertifikasi eliminasi malaria di Kota Tual adalah untuk memberikan informasi mengenai poin-poin penilaian dalam sertifikasi eliminasi malaria

Sedangkan tujuan khusus pertemuan adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui taraf kesiapan Puskesmas dan Rumah Sakit tentang indikator penilaian eliminasi malaria
  2. Mempersiapkan checklist kesiapan eliminasi untuk setiap fasilitas Kesehatan
  3. Menyusun jadwal konsultasi regular bagi fasilitas kesehatan bersama tim Eliminasi Malaria Maluku
  4. Melakukan assessment online penilaian eliminasi malaria untuk setiap fasilitas Kesehatan di Kota Tual

Diharapakan kesiapan Puskesmas dan Rumah Sakit di Kota Tual menuju eleminasi malaria di Tahun 2022.

Share this page :

Kontak Kami :
Peta :
Statistik :
  • 0
  • 19
  • 68
  • 799
  • 4,177
  • 41,897
  • 20,954
  • 443
  • 51