Monumen Kota Tual

Beberapa bulan yang lalu saya berkesempatan menginjakakan kaki di kota ini. Kota dengan julukan “Lavur Ngabal” ini terlihat lumayan rapi dan bisa dibilang bersih. Jalanan di kota ini belum terlalu ramai seperti kota kota lainnya. Kendaraan umumpun bisa dibilang masih sedikit. Di tengah kota ini kita dapat menjumpai beberapa monument, salah satunya adalah monument Maren yang merupakan lambang kota Tual.

Tepat di depan kantor walikota tual, ada sebuah taman yang cukup luas. Taman ini biasa disebut taman kota ole warga setempat. Taman kota ini bisa dibilang sangat rapi dan sepertinya pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai ‘primadona’ kota ini. Bagaimana tidak, taman ini ditata dengan rapi serta bunga bunga dan tumbuhan di taman ini sangat terpelihara dan dijaga. Beberapa tempat duduk pun dibuat untuk para pengunjung. Dibandingkan Pattimura Park di kota Ambon, taman kota Tual ini jauh lebih bagus.

Pada saat saya disana sepertinya taman tersebut masih ditata dan kelihatannya akan di perluas lagi. Bisa dibilang ini salah satu usaha pemerintah setempat untuk menarik para pengunjung untuk dating ke kota ini. Karena bisa dibilang kota ini tidak terlalu banyak mempunyai banyak tempat wisata kalo dibandingkan dengan daerah daerah lain di provinsi Maluku.