Sarana dan Prasarana

Rumah Sakit

Kota Tual memiliki sebuah Rumah Sakit dengan tipe D, yang baru saja dibangun beberapa tahun lalu. Rumah Sakit ini diberi nama oleh Drs. H. M.M. Tamher (Walikota Tual Pertama) dengan RSUD Maren Hi. Noho Renuat, beralamat di Desa Dullah, Kota Tual.

Sekolah
Sekolah
Sarana Olahraga

Sarana Olahraga

Taman Kota

Taman Kota Tual selain menjadi paru-paru kota juga menjadi salah satu tempat yang cukup sejuk dan sering didatangi oleh warga setempat untuk bersantai, olahraga, bercerita, belajar dan lain-lain. Kedepan Taman Kota ini masih akan ditingkatkan agar menjadi lebih baik dengan fasilitas pendukung untuk olahraga, internet, dan lain-lain.

Info Gambar : Taman Kota Tual

Info Gambar : Taman Kota Tual

Info Gambar : Taman Kota Tual

Sarana Ibadah

Di Kota Tual terdapat tiga jenis sarana ibadah secara umum yang mewakili ketiga penganut agama yakni Islam, Kristen, dan Katolik. Meski begitu Kota Tual pun terdapat penganut agama Hindu dan Budha namun tempat ibadahnya belum berada di wilayah ini.

Pemerintah Kota Tual cukup serius dalam memperhatikan rumah-rumah ibadah, hal tersebut dibuktikan dengan peran aktif pemerintah dalam merenovasi tempat ibadah dalam bentuk bantuan pendanaan.

Oleh karena dua gereja utama yakni umat Katolik dan Kristen yang masih dalam tahap pembangunan maka foto yang kami tampilkan hanya dua tempat ibadah, apabila kedua rumah ibadah tersebut telah rampung maka kami akan memperbaharui dokumentasinya.

Info Gambar : Masjid Raya Alhurriyyah 45 Tual

Info Gambar : Gereja Sion Tual

Pasar

Pasar Tual terletak di area pesisir berdekatan dengan Pelabuhan Tual, Pelabuhan Feri, Dermaga-dermaga Penyeberangan Kecil dan Terminal. Pasar oleh Pemerintah Kota Tual telah digagas dan sudah hampir rampung pembangunannya untuk pasar-pasar kecil yang ditempatkan pada wilayah pertengahan kota namun belum ditempati oleh pedagang.

Angkutan Kota

Jika anda berkunjung ke Kota Tual, terdapat beberapa jenis angkutan yang dapat anda gunakan yakni angkutan dalam kota, mobil rentalan dan ojek. Angkutan dalam kota ini melayani trayek seputaran kota tual dan trayek Langgur Kabupaten Maluku Tenggara.

Info Gambar : Angutan Dalam Kota

Bandara
Rumah Ibadah
Pelabuhan

Kota Tual memiliki beberapa pelabuhan penting baik untuk skala lokal, nasional, hingga internasional. Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Dumar misalnya, sekitar 2 dekade yang lalu begitu banyak kapal asing yang bersandar, bongkar, hingga memuat hasil laut Kota Tual, namun pelabuhan ini kini telah ditangani langsung oleh KKP-RI. Pelabuhan lain yang tak kalah penting adalah Pelabuhan Tual dimana pelabuhan tersebut menjadi pusat bongkar-muat barang yang datang dari pulau Jawa, Sulawesi dan beberapa pulau lain di Indonesia yang mengsuplai barang kebutuhan untuk Kota Tual. Pelabuhan ini pun digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengirim hasil bumi untuk dijual di pulau Jawa dan lainnya. Pelabuhan lain yang ada di Kota Tual adalah Pelabuhan Feri, Pelabuhan Pertamina, Pelabuhan PT. Maritim Timur Jaya, dan Pelabuhan-pelabuhan penyeberangan kecil untuk wisata dan urusan-urusan lain.

Terminal

Kota Tual hingga saat ini baru memiliki satu terminal yang terletak di wilayah pasar dan melayani trayek angkutan dalam kota yang melintasi wilayah Kota Tual hingga ke wilayah Langgur Kabupaten Maluku Tenggara.

Info Gambar : Terminal Angkutan Kota Tual

Info Gambar : Terminal Angkutan Kota Tual