PEMKOT TUAL MUSNAHKAN BARANG KADALUWARSA JELANG NATAL DAN TAHUN BARU 2020

Tual – 13 Desember 2019 Staf Ahli Walikota, Abdullah Notanubun didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Muuti Matdoan, Kepala Satuan Pamong Praja, Ibrahim Tamher dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Darnawati Amir melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Gudang PT. Kawan Bersama di UN Wartel. Hal ini sebagai tindak lanjut dari sidak di Pasar Tual beberapa hari yang lalu. Baca: Jelang Natal dan Tahun Baru, Wakil Walikota Tual Nyatakan Persediaan Bahan Pokok Aman

Berlokasi di kawasan Kelurahan Ketsoblak, salah satu pemasok barang di Kota Tual ini menyatakan bahwa barang-barang yang telah kadaluwarsa sudah dipisahkan dan diberi tanda untuk tidak diedarkan. “Ini memang barang-barang lama karena overstok itu sebabnya dalam saya punya gudang sudah ditempelkan barang ini sudah expired, itu sudah ditempel oleh orang gudang saya, sudah dieksekusi sama orang gudang saya”, jelasnya. Pihaknya mengakui lalai dalam pemusnahan barang kadaluwarsa di gudangnya, “Saya bisa buktikan sebenarnya dari tanggal 6 Desember itu saya sudah mau buang ini barang-barang expired, tetapi karena kesibukan akhirnya saya lalai, saya lupa dalam hal ini”, akunya.

Pemilik Gudang PT. Kawan Bersama

Mengenai kerugian, pihaknya tidak bisa memastikan dikarenakan ada barang-barang yang akan diganti oleh pabrik apabila ada pengembalian. “Jadi apabila ada masyarakat yang ketahuan ada kopi Kapal Api yang expired di pasar, silahkan diganti di saya”.

Dalam sidak kali ini, ditemukan juga minuman beralkohol jenis Bir. “Bir ini sebenarnya sudah sangat lama, sudah dari 2016. Kenapa kita tidak buang karena kebanyakan bir itu kalau kita buang, kalau tidak dikontrol dengan baik, ada orang yang ambil lalu minum, itu yang saya jaga. Makanya sudah lama saya biarkan. Ini sudah sangat lama, jadi apabila Bir merk Prost ini ada di pasaran berarti itu orang-orang yang tidak membayar pajak”.

Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemkot Tual atas pengontrolan yang dilakukan, “Jujur saya berterima kasih banget sama Pemda Kota Tual, sudah bantu saya dalam hal ini, saya sangat terima kasih. Ini pengontrolan yang menurut saya bagus”.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Darnawati Amir, S.K.M., M.M

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Darnawati Amir menyatakan bahwa akan terus melakukan inspeksi ini di gudang-gudang sembako di Kota Tual. “Yang kita musnahkan ini adalah produk-produk yang kita temukan pada Gudang milik PT. Kawan Bersama, tapi masih ada lagi gudang yang kami temukan, yang akan kita musnahkan sama-sama, yang sekarang dalam proses penjemputan, itu kemarin kita temukan susu dengan makanan cemilan yang kita temukan pada gudang Haji Taba, sekarang sudah proses penyegelan dengan police line”, jelasnya.

Selanjutnya barang-barang kadaluwarsa ini dimusnahkan dengan cara dibakar di Lapangan Gotong Royong Kota Tual.

Staf Ahli Walikota bersama dengan Kepala Bappeda, Kadis Perindag dan Kasatpol PP sedang berbincang dengan pemilik Gudang PT. Kawan Bersama
Kepala Bappeda dan Kadis Perindag Meninjau Lokasi Gudang bersama pemilik gudang PT. Kawan Bersama
Staf Ahli Walikota, Kepala Bappeda dan Kasatpol PP memantau pengambilan barang-barang kadaluwarsa yang selanjutnya akan dimusnahkan
Para anggota Satpol PP mengambil barang-barang kadaluwarsa dari gudang PT. Kawan Bersama
Barang yang telah kadaluwarsa diberi police line
Pemusnahan barang-barang kadaluwarsa
Pemusnahan barang-barang kadaluwarsa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *