LAGI, BEA CUKAI TUAL LEPAS EKSPOR IKAN KE HONGKONG

Tual – 14 Desember 2019 Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian, Abdullah Notanubun, S.Pd., M.M didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan, Ir. S. Laisouw., M. Si dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Darnawati Amir, S.K.M., M.M serta Kepala Bea Cukai Tual, M. Anshar melepas ekspor ikan kerapu tujuan Hongkong untuk yang kedua kalinya kepada CV. Indo Fish Marine.

Dalam sambutan Walikota Tual yang dibacakan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian, Abdullah Notanubun menyatakan bahwa Pemerintah Kota Tual intens melakukan upaya-upaya peningkatan ekspor dengan mengajak investor dan mempromosikan Kota Tual sebagai salah satu daerah di Maluku yang memiliki Sumber Daya Alam yang bernilai ekspor dan juga melakukan upaya penyadaran masyarakat agar turut berperan dalam menciptakan kondisi yang kondusif untuk ekspor dan investasi, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo.

Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian, Abdullah Notanubun, S.Pd., M.M mambacakan sambutan Walikota Tual

“Kita semua tahu bahwa Kota Tual pada beberapa tahun yang lalu sebagai salah satu daerah di Maluku yang memiliki aktivitas ekspor terbilang cukup tinggi khususnya ekspor hasil perikanan dan kita berharap hari ini kejayaan massa lalu Kota Tual dapat hidup kembali”, harap beliau. Dalam kesempatan kali ini beliau juga mengungkapkan akan membentuk Tim Percepatan Peningkatan Ekspor yang melibatkan lintas sektor terkait yaitu Organisasi Perangkat Daerah Kota Tual maupun Instansi Vertikal yang meliputi Bea Cukai, Imigrasi, Balai Karantina Ikan, Stasion Pengawasan Sumber Daya Kelautan (PSDK) , Pelabuhan Perikanan dan UPT Laboratorium Bina Mutu Hasi Perikanan Provinsi Maluku.

“Pemerintah Daerah Kota Tual terus berupaya menjadikan Dinas Perindustrian dan Peridagangan Kota Tual menjadi Instansi yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan Surat Keterangan Asal (SKA), sehingga dapat mengatasi rentang kendali dengan Provinsi Maluku”. “Semoga ekspor Kota Tual senantiasa terus meningkat di masa yang akan datang”, akhir beliau.

Kepala Bea Cukai Kota Tual, M. Anshar memberikan sambutan

Diungkapkan Kepala Bea Cukai Kota Tual, M. Anshar ekpor kali ini meningkat dari pada ekspor pertama yaitu dari skitar 200 kilo menjadi 3,2 Ton ikan kerapu. “Ekspor ini sesuatu yang sangat penting karena yang pertama ini adalah perintah dari pak Jokowi, bagaimana kita meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan ekpor dan investasi”, jelasnya. Dijelaskannya lebih lanjut, CV. Indo Fish Marine telah melakukan pembayaran retribusi ekpor kepada Pemerintah Kota Tual pada 2 kali perjalanan ekspornya, sehingga dengan adanya ekspor ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tual. “Jadi saya berharap kepada Pemerintah Daerah, kepada masyarakat disini, ayo kita sama-sama mendorong bagaimana kita mengurai ekspor, jadi kedepan saya berkoordinasi dengan Kadis Perikanan dan Kadis Perindag kerjasama kolaborasi bagaimana kita memulai ekspor, yang biasanya kegiatan ekspor dari Makassar, kita berusaha pelan-pelan bagaimana kita melakukan ekspor lewat Tual”. “Jadi ini momentum yang baik sehingga masyarakat Tual ini dapat menikmati pertumbuhan ekonomi melalui ekspor”, lanjutnya.

“Saya yakin kedepan kalau kegiatan ekspor ini rutin dilakukan setiap minggu, pasti akan didirikan Unit Pengelolaan Ikan, kalau sudah ada unit pengelolaan ikan pasti akan ada investasi, kalau sudah ada investasi pasti akan butuh tenaga kerja”, harap beliau. “Jadi ini semua, sedikit usaha kami dari Bea Cukai bersama dengan Dinas Perindag dan Dinas Perikanan, ayo kita kembalikan kejayaan Tual yang pernah jaya (ekspornya), sehingga nanti harapan kami PAD Kota Tual meningkat sehingga masyarakat Kota Tual lebih sejahtera”, akhir beliau.

Staf Ahli Walikota dan Kadis Perindag berbincang dengan Pemilik CV. Indo Fish Marine
Kepala Bea Cukai Tual menyerahkan Dokumen Ekspor kepada Staf Ahli Walikota Selaku yang mewakili Walikota Tual yang nantinya akan diserahkan kepada CV. Indo Fish Marine untuk memulai ekspornya
Staf Ahli Walikota menyerahkan dokumen ekspor kepada CV. Indo Fish Marine tanda resminya kegiatan ekspor yang dilakukan untuk kali kedua ini
Ikan kerapu yag akan di ekspor ke Hongkong
Staf Ahli Walikota, Abdullah Notanubun, Kadis Perikanan, S. Laisouw dan Kadis Perindag, Darnawati Amir berfoto bersama Pemilik CV. Indo Fish Marine

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *