Forum OPD/SKPD Kota Tual Tahun 2018

Senin, 26 Maret 2018 bertempat di Aula Balaikota Tual yang beralamat di jalan gadjah mada nomor 1 Tual, dilangsungkan Forum OPD/SKPD sekota Tual. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pjs. Sekretaris Daerah Kota Tual yang juga adalah Kepala Bappeda Kota Tual Drs. Muuti Matdoan, M.Si.

Forum OPD/SKPD Kota Tual ini diadakan dalam rangka mempersiapkan setiap OPD untuk Musrenbang Kota Tual yang akan dilangsungkan pada hari Kamis, 29 Maret 2018 untuk memantapkan rencana pembangunan Kota Tual 2018 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Kepala Bappeda Kota Tual selaku salah satu pemateri pada kegiatan ini menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan Pembangunan Daerah Kota Tual 2019 dengan beberapa indikator sebagai berikut :

 

beberapa indikator seperti pertumbuhan ekonomi, angka kemiskinan, jumlah penduduk, IPM serta beberapa indikator lain yang menjadi tolok ukur berkembang atau tidaknya suatu daerah pun disampaikan oleh beliau. Tak ketinggalan pemateri lain dari Badan Perbendaharaan Keuangan dan Aset Daeran dan Badan Pendapatan Daerah pun menyampaikan hal-hal pokok yang harus dijadikan acuan oleh OPD dalam menetapkan program/kegiatan masing-masing OPD tersebut agar dapat menyentuh langsung masyarakat Kota Tual dan menyesuaikan dengan target pembangunan nasional serta provinsi.

Kegiatan yang berlangsung dari jam 09.00 hingga 16.00 ini dihadiri oleh semua OPD baik teknis maupun non teknis serta para camat yang membawahi lima kecamatan di wilayah Kota Tual. Yang menjadi perhatian dalam forum kali ini adalah penyampaian hasil Musrenbang tingkat kecamatan oleh kelima orang camat yang semuanya hadir dalam forum tersebut.

Camat Pulau-pulau Kur dan Camat Kur Selatan menyampaikan kebutuhan sarana pendukung telekomunikasi yaitu tower, kemudian fasilitas penerangan jalan, sarana penampungan air bersih pada fasilitas umum dikedua kecamatan tersebut. Camat Tayando Tam menyampaikan keluhan masyarakat yang kemudian dituangkan dalam Musrenbangcam yaitu fasilitas dermaga di beberpa desa, tower telekomunikasi yang cuma satu dan itu pun sudah non aktif, fasilitas listrik, dokter untuk puskesmas di Tayando Tam, guru-guru yang sangat kurang, serangan hama pada tanaman rumput laut, serangan hama pada tanaman pertanian, serta pasar yang belum diserahterimakan kepada pihak kecamatan dari pihak dinas perindustrian perdagangan kota Tual.

Setelah penyampaian hasil musrenbangcam oleh para camat ini kemudian ditanggapi langsung oleh para pemateri dan pimpinan OPD yang hadir sebagai bentuk klarifikasi dan informasi terkait program/kegiatan OPD tersebut yang telah disiapkan untuk direalisasi pada tahun 2018 ini.

Kegiatan ini kemudian disudahi pada pukul 16.00 wit dan disepakati untuk dilanjutkan pada Kamis mendatang dalam forum musrenbang sehingga akan terlihat arah pembangunan Kota Tual sesuai dengan perencanaan yang telah dipersiapkan dan skala prioritas pembangunan nasional.[HT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *