Balon Kada Kota Tual Lolos Tes Kesehatan

Tual, Tribun-Maluku.com : Tiga Bakal Calon (Balon) kepala daerah Kota Tual dinyatakan lolos tes kesehatan yang dilakukan IDI Maluku, pada 11-13 Januari 2018.

Ketua KPU Kota Tual, Ibrahim Faqih yang dikonfirmasi dari Ambon, Kamis (18/1) mengatakan sesuai hasil tes kesehatan yang telah dilalui, pasangan bakal calon Kepala Daerah (Kada) ini dinyatakan lolos.

“Kemarin, kami telah menyampaikan hasil kesehatan tiga bakal calon dinyatakan hasilnya baik dan layak untuk calon walikota dan wakil walikota tual tahun 2018,” jelasnya.

Dia menjelaskan, pertemuan KPU Kota Tual dengan tim pemenangan pasangan calon tersebut pada Rabu (17/1) kemarin, bukan saja menyampaikan hasil tes kesehatan namun juga menyampaikan hasil penelitian berkas Paslon oleh KPU.

“KPU Kota Tual mengundang Tim Pemenangan dari Tiga bakal calon untuk menyampaikan hasil penelitian administrasi yang dilakukan oleh pihak KPU Kota Tual, dan dalam penelitian itu ada dokumen yang belum dilengkapi dan disampaikan untuk dilengkapi,” kata Ibrahim.

Ketua Divisi Teknis KPU Kota Tual, Rifai Rumaf menambahkan sesuai ketentuan hukum, pasangan calon wajib melengkapi dokumen yang  belum dilengkapi.

“Kelengkapan dokumen, agar KPU melakukan verifikasi faktual berkas Paslon, sebelum ditetapkan sebagai calon walikota dan wakil walikota Tual tahun 2018 ,” terangnya.

Dalam tahapan pelengkapan dokumen, lanjut Rifai, apabila pasangan bakal calon Walikota dan wakil walikota yang tidak melengkapi dokumennya maka KPU pasti menolak berkas tersebut.

“Apabila pada tanggal 20 Januari, ada calon yang tidak melengkapi dokumennya maka KPU pasti menolak dokumennya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *