Jelang Pilkada, Danrem 151/Binaiya Tatap Muka Bersama Elemen Masyarakat Tual dan Malra

TERASMALUKU.COM,-TUAL- Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 151/Binaiya, Kolonel Inf Christian K. Tehuteru dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di wilayah teritorial Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual berkesempatan melakukan  tatap muka bersama seluruh elemen masyarakat Tual di Pendopo Walikota Tual, Selasa (13/3).

Dalam tatap muka tersebut, Danrem memberikan tema berjudul  “Pilkada Maluku Tenggara (Malra) dan Tual harus beda”. Judul tersebut diangkat oleh Danrem terkait adanya survey yang menyatakan,  Kota Tual adalah kota peringkat teratas berpotensi terjadinya kerawanan / konflik saat Pemilukada. Karena itu Danrem mengambil langkah untuk menyikapi hal tersebut dengan mendiskusi bersama  seluruh elemen masyarakat Kota Tual dan Kabupaten Malra.

Langkah Danrem ini  untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga Pemilukada di Kota Tual dapat berjalan dengan aman dan lancar. “Ini adalah tantangan bagi kita semua untuk dapat merubah potensi rawan menjadi menawan. Pilihlah sesuai dengan hati nurani. Apakah pilihan tersebut benar atau salah, doakan dan serahkan sepenuhnya kepada Tuhan, karena Tuhanlah yang menentukan,” ujar Danrem.

Suasana tatap muka

Berbeda pilihan dan pendapat menurut Danrem sah-sah saja tetapi jangan sampai perbedaan tersebut menimbulkan permusuhan. Yang tidak kalah penting menurut Danrem, bahwa persaingan dalam pesta rakyat tersebut harus bersih dari politik uang dan fitnah. Hal tersebut harus disampaikan kepada masyarakat, jangan sampai menjatuhkan harga diri sendiri. Himbauan damai dapat disampaikan oleh tokoh masyarakat dalam berbagai kegiatan.

Menurut Danrem, masih banyak hal yang lebih penting dan harus dipikirkan untuk Malra  dan Kota Tual, jangan sampai terhambat gara-gara Pilkada. “Siapapun yang terpilih itulah yang terbaik untuk rakyat, dan setelah Pilkada selesai dengan aman kita bersatu lagi, bersama lagi membangun Malra dan Kota Tual,” katanya. Pada kesempatan tersebut Danrem juga  mengungkapkan komitmen TNI untuk bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada 27  Juni 2018.

“Di setiap kesempatan saya berkunjung ke satuan bawah, saya selalu menekankan bahwa kami sudah berkomitmen untuk bersikap netral. Jangan sampai ada anggota yang bersikap tidak netral. Jika bapak ibu sekalian melihat ada anggota kami yang tidak netral silahkan laporkan kepada Dandim atau langsung kepada saya, maka kami akan menindak tegas anggota tersebut,” kata Danrem.

Turut Hadir dalam tatap muka tersebut   Asisten III Kota Tual,  Samsudin Tamher, Asisten I Setda Malra, M Ingra Tubun, Ketua MUI Tual dan  Kabupaten Malra, Forkopimda Kota Tual dan Kabupaten Malra, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh pemuda serta beberapa rekan wartawan. (AS)

sumber : terasmaluku.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *