Visi Misi

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN PEMBANGUNAN SERTA STRATEGI DAN ARAH
KEBIJAKAN PEMBANGUNAN KOTA TUAL TAHUN 2018-2023

VISI
Undang-undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menjelaskan bahwa visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Sebagai sebuah dokumen perencanaan jangka menengah daerah yang merupakan sebuah rangkaian dokumen perencanaan daerah bersama-sama dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Tual tahun 2005-2025, maka visi di dalam RPJMD Kota Tual tahun 2018-2023 haruslah memiliki keterkaitan terhadap pencapaian visi RPJPD Kota Tual tahun 2005-2025. Sebagaimana telah disebutkan di dalam RPJPD Kota Tual tahun 2005- 2025 bahwa visi jangka panjang Kota Tual adalah untuk “Mewujudkan Kota Tual Sebagai Kota Kepulauan yang Aman, Berbudaya, Berdaya Saing, Sejahtera, dan Berkelanjutan” serta memperhatikan visi dan misi Walikota dan Wakil WaliKota Tual periode 2018-2023 selama masa kampanye, maka dengan ini dirumuskan Visi Pembangunan Kota Tual tahun 2018-2023 adalah:
“Terwujudnya Kota Tual Sebagai Kota BERADAT (Beriman, Ekonomi Kerakyatan, Responsif, Akuntabel, Demokrasi, Amanah, dan Transparan).

Dimana di dalam Visi Pembangunan Kota Tual di atas, terdapat tujuh komponen gambaran Kota Tual di akhir kurun waktu 2018-2023, yaitu:
– Beriman
Kota tual yang beriman bermakna bahwa pemerintah kota tual menyandarkan keyakinan dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa  sebagai zat yang maha agung dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan hubungan kemasyarakatan.

– Ekonomi kerakyatan
Ekonomi kerakyatan artinya penyelenggara pemerintahan menjamin pembangunan sistem perekonomian bertumpu pada kekuatan ekonomi rakyat, dimana pelaksanaan kegiatan, pengawasannya, dan hasil dari kegiatan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

– Responsif
Responsif artinya penyelenggara pemerintah selalu tanggap terhadap persoalan-persoalan masyarakat, memahami kebutuhan masyarakat, dan proaktif mempelajari dan menganalisa kebutuhan masyarakat.

– Akuntabel
Akuntabel artinya penyelenggara pemerintah bertanggung jawab terhadap kebijakan yang ditetapkan, serta mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada seluruh warga kota tual pada setiap akhir tahun penyelenggaraan pemerintahan.

– Demokrasi
Demokrasi artinya penyelenggara pemerintahan menjamin masing-masing warga masyarakat memiliki hak yang seimbang dan setara terkait penentuan dan pemilihan sebuah keputusan yang nantinya akan membawa dampak pada kehidupan warga masyarakat tersebut.

– Amanah
Amanah artinya penyelenggara pemerintah menjamin tersampaikannya segala hak setiap warga masyarakat, tidak mengambil sesuatu melebihi haknya dan tidak mengurangi hak warga masyarakat.

– Transparan
Transparan artinya segala kebijakan yang dilakukan oleh penyelenggara pemerintahan adalah terbuka dan semua orang dapat memberikan penilaian kinerjanya terhadap hasil yang dicapai.

MISI
Sesuai dengan Undang-undang No. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional bahwa misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Oleh karena itu, sebuah visi belumlah sempurna tanpa serangkaian misi yang berfungsi sebagai upaya dalam pewujudan visi tersebut. Sebagai sebuah cita-cita dan gambaran kondisi masa depan Kota Tual pada akhir periode pembangunan lima tahun ke depan, Visi Pembangunan Kota Tual tahun 2018-2023 haruslah didukung oleh serangkaian Misi Pembangunan
Kota Tual tahun 2018-2023. Untuk itu dengan melihat seluruh aspek Pembangunan yang dibutuhkan oleh Kota Tual dan dengan memperhatikan langka-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai Visi Pembangunan Kota Tual tahun 2018-2023, berikut ini adalah Misi Pembangunan Kota Tual Tahun 2018-2023:
1. Mewujudkan sumber daya manusia yang religius, cerdas, dan sehat.
2. Memantapkan pelaksanaan otonomi daerah dengan tata kelola pemerintahan yang baik.
3. Memantapkan perwujudan tatanan kehidupan sosial, dan budaya yang demokratis serta memperkokoh ketertiban dan keamanan yang kondusif.
4. Mengembangkan kegiatan ekonomi kerakyatan yang berbasis pengembangan perikanan, pertanian, pariwisata, perdagangan dan jasa yang berorientasi pasar serta memberikan ruang yang cukup bagi peningkatan kesempatan kerja.
5. Mengembangkan iklim kondusif untuk peningkatan daya tarik investasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi.
6. Memantapkan pembangunan infrastruktur berbasis penataan ruang.
7. Memantapkan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup yang berkelanjutan.
Hubungan keterkaitan di dalam Visi dan Misi Pembangunan Kota Tual tahun 2018-2023 menjadi tulang punggung pembangunan Kota Tual selama lima tahun ke depan. Bertolak dari Visi dan Misi Pembangunan Kota Tual inilah kemudian dapat dirumuskan tujuan dan sasaran pembangunan Kota Tual dalam jangka menengah.
Selain itu, diperlukan keterkaitan antara Visi, Misi dan Isu Strategis Kota Tual sehingga rangkaian Visi dan Misi Pembangunan Kota Tual menjadi langkah nyata dalam penanganan isu-isu strategis Kota Tual selama lima tahun ke depan. Keterkaitan antara Visi, Misi dan Isu Strategis Pembangunan Kota Tual periode 2018-2023 ditampilkan di dalam Tabel 3.1.

TUJUAN DAN SASARAN
Tujuan dan Sasaran pembangunan yang hendak dicapai dalam kurun waktu Tahun 2018-2022 merupakan penjabaran misi pembangunan Kota Tuan yang ditetapkan dengan memperhatikan kewenangan urusan wajib dan urusan pilihan sebagaimana diatur didalam Undang-Unadang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah. Tujuan adalah sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu satu sampai lima tahun. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi serta didasarkan pada analisis isu-isu strategis. Berdasarkan visi, misi dan isu-isu strategis yang ada, maka ditetapkan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam kurun waktu 5 tahun sebagai berikut:

Tujuan adalah pernyataan-pernyataan tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai visi, melaksanakan misi dengan menjawab isu strategis daerahdan permasalahan pembangunan daerah. Rumusan tujuan dan sasaran merupakan dasar dalam menyusun pilihan-pilihan strategi pembangunan dan sarana untuk mengevaluasi pilihan tersebut.
Tujuan Pembangunan dirumuskan dari penjelasan Visi dan Misi Pembangunan Kota Tual periode 2018-2023 yang kemudian dijabarkan ke dalam standar kinerja yang harus dicapai pada Sasaran Pembangunan. Dengan memperhartikan penjelasan Visi dan Misi Pembangunan Kota Tual periode 2018-2023.
Perumusan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Pembangunan Kota Tual periode 2018-2023 merupakan sebuah jalan (pathway) yang memiliki keterkaitan dengan 9 Isu Strategis Pembangunan Kota Tual. Dimana 9 Isu Strategis Pembangunan Kota Tual sebagai hulu dari perencanaan strategis pembangunan Kota Tual untuk kemudian menjadi titik tolak pelaksanaan pembangunan Kota Tual yang dijabarkan dalam Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Pembanguan Kota Tual periode 2018-2023.
Keterkaitan antara 9 Isu Strategis dan perencanaan strategis pembangunan Kota Tual dalam Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Pembangunan dijabarkan di dalam Tabel 5.2.

STRATEGI

Strategi dituangkan secara lebih rinci ke dalam Misi 1 sampai dengan Misi 7 berdasarkan pendekatan urusan/bidang sebagai berikut :

ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN

Arah kebijakan adalah pedoman untuk mengarahkan rumusan strategi yang dipilih agar lebih terarah dalam mencapai tujuan dan sasaran dari waktu ke waktu selama 5 (lima) tahun. Rumusan arah kebijakan merasionalkan pilihan strategi agar memiliki fokus dan sesuai dengan pengaturan pelaksanaannya. Arah kebijakan Kota Tual dalam pentahapan strategi lima tahun ke depan ditunjukkan sebagai berikut: