Kunjungan Komnas HAM Ke Tual Melahirkan 4 Kesepakatan

20 April 2015 - 16:37:27 WIT | Oleh : | dibaca : 716 x | Kategori : Artikel

Kepala Stasiun PSDKP Tual, Mukhtar, A.Pi,M.Si.

tualkota.go.id -- Hasil kunjungan komnas HAM ke Kota Tual untuk melihat warga negara asing yang di perbudak di Benjina Kabupaten Kepulauan Aru menegaskan ada pelanggaran HAM.Hal ini dikatakan Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kekalutan dan Perikanan Tual, Mukhtar, A.Pi,M.Si.

Menurutnya hasil investigasi atas permasalahan warga negara Myanmar, Laos dan Kamboja di Benjina beberapa waktu lalu, disampaikan Komnas HAM kepadanya dan terdapat 4 item penting yaitu : 1).Persoalan Perdangan Manusia, 2).Warga negara asing yang sakit tidak diobati dengan baik, 3).Gaji tidak dibayarkan tetapi dibayar kepada pihak lain dan 4).Penahanan warga negara asing yang sewenang–wenang.

4 hal pokok ini menurut Mukhtar, disampaikan Komnas HAM kepadanya beberapa waktu lalu. Komnas HAM menurut rencana akan memanggi pihak – pihak yang terkait dengan kasus ini, untuk diatur bagaimana agar warga negara asing yang berada di Kota Tual, dapat dipulangkan dengan secepatnya dan bertemu dengan keluarganya masing-masing.

Sementara itu, terkait dengan pendeportasian warga negara asing ke negaranya masing –masing menurut Mukhtar, sementara menunggu tim PSDKP dan KKP untuk verifikasi ulang dan akan memutuskan kapan mereka akan di deportasi ke negaranya masing masing.(ongen)

Berita Lainnya :