Pengadilan Tipikor Ambon Vonis Wali Kota Tual Bebas

29 April 2015 - 11:47:20 WIT | Oleh : | dibaca : 810 x | Kategori : Artikel

Sidang Walikota Tual di Ambon

Tualkota.go.id - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Ambon, menjatuhkan vonis bebas terhadap Wali Kota Tual non aktif M.M. Tamher. Ia dinyatakan, tidak terbukti melakukan korupsi seperti didakwakan Jaksa Penuntut Umum.

Putusan itu dibacakan dalam sidang di pengadilan Tipikor. Perkara ini diadili oleh majelis hakim yang diketuai Mustari dan dua anggota Abadi dan Ahmad Buchory. Ambon (29/4)

“Terdakwa tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan primer penuntut umum,” kata Mustari saat membacakan putusan.

Selain itu, majelis hakim juga memerintahkan agar terdakwa segera dibebaskan dari segala dakwaan serta dipulihkan nama baiknya.

“Membebaskan terdakwa dari segala dakwaan dan memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan kedudukan dan, harkat serta martabatnya,” ujar Hakim.

Sedangkan dalam pertimbangan dakwaan subsider, majelis hakim mengungkapkan dalam kasus dugaan korupsi dana asuransi DPRD Maluku Tenggara ini, ada perbuatan melanggar hukum tapi bukan tindak pidana.

Oleh karena itu majelis hakim membebaskan terdakwa M.M.Tamher dari dakwaan subsider dengan tidak terbuktinya dakwaan primer maupun dakwaan subsider tersebut. maka majelis hakim menjatuhkan vonis bebas kepada M.M.Tamher.

Vonis bebas itu disambut suka cita oleh M.M. Tamher, sedangkan jaksa penuntut umum menyatakan pikir-pikir, apakah melakukan upaya hukum lanjutan atau tidak.

Dalam sidang sebelumnya, M.M. Tamher dituntut 2 tahun penjara dengan uang pengganti Rp 100 Juta. Tamher didakwa melakukan tindak pidana korupsi dana asuransi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maluku Tenggara periode 1999-2004.

Sementara itu sampai berita ini diturunkan, Wakil Wali Kota Tual non aktif, Adam Rahayaan  masih mengikuti persidangan di Pengadilan Tipikor Ambon dengan agenda pembacaan putusan. Sumber : (Tribun-Maluku)

Berita Lainnya :