Tenaga Kerja Asing di Deportasi Ke Kota Tual

16 April 2015 - 16:18:30 WIT | Oleh : | dibaca : 714 x | Kategori : Artikel

Tenaga Kerja Asing asal PBR Benjina Kab. Kepulauan Aru

Tualkota.go.id -- Sebanyak 323 Warga Negara Asing (WNA) di Deportase dari Perusahaan Pusaka Benjina Resource (PBR) Kab. Kepulauan Aru ke Pelabuhan Perikanan Nasional Dumar Kota Tual. Dimana WNA ini, ditampung disalah satu gedung sambil menunggu kejelasan dari Kedutaan untuk di Deportasi.
Selain itu, 3 Tim Satuan Tugas yang dibentuk oleh Dirjen PSDKP, Asep Burhanudin dengan tugas antara lain agar mengevaluasi dan menganalisa tenaga asing yang diperbudak di Perusahaan PBR tersebut.

Setelah Tim melakukan investigasi dan pemeriksaan atas surat-surat kapal dan administrasi lainnya, akhirnya Dirjen PSDKP memutuskan membawa 319 Tenaga Kerja Asing tersebut di Evakuasi ke Kota Tual untuk kepentingan pendeportasian.langkah yang dilakukan diantaranya 4 Warga Negara Thailand langsung dideportasi menggunakan pesawat terbang. Sedangkan yang lain menunggu kejelasan dari kedutaan masing-masing Negara untuk dideportasi.

Setelah tiba di Pelabuhan Perikanan Nasional Dumar Kota Tual dengan dikawal Ketat oleh KRI "RENGAT" 711 dan KP HIU MACAN 004, tenaga asing tersebut diperiksa kesehatannya dan didata serta didokumentasi. Tenaga asing dibawah pengawalan PSDKP Tual terdiri atas : 253 Orang Warga Negara Miyanmar (WNM), 8 Orang Warga Negara Laos (WNL) dan 58 Orang Warga Negara Kamboja.

Proses pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, diketemukan 1 WNA asal Miyanmar mengalami Sakit Malaria dan diobati oleh Tim Medis Dinas dan dirujuk ke RSU Karel Sadsuitubun Langgur untuk mendapat perawatan lanjutan, sementara itu tenaga kerja asing yang masih berada di Perusahaan Benjina Resource (PBR) sebanyak 1.125 Orang.

Berita Lainnya :