Pencanangan Gerakan Nasional Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

22 April 2015 - 12:48:49 WIT | Oleh : | dibaca : 836 x | Kategori : Program Pemerintah

Sambutan Ny. A. Risambessy Ketua tim Penggerak PKK Kota Tual,

Tualkota.go.id -- Pencanangan Gerakan Nasional dan deteksi dini kanker leher rahim di Kota Tual, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tual, Drs. B.A. Bandjar, M.Si, ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan pin.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Kantor Walikota Tual pada hari Selasa, (21/4) yang dihadiri oleh Kapolres Maluku Tenggara dan Kota Tual AKBP. Drs. Moh Rum Ohoirat, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan Pimpinan SKPD di lingkungan Kota Tual.

Dalam sambutannya, isteri Penjabat Walikota Tual Ny. A. Risambessy sebagai Ketua tim Penggerak PKK Kota Tual, mengatakan Program Nasional ini akan menggandeng seluruh ibu ibu baik itu organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakat yang berada di kecamatan sampai dengan perdesaan, sehingga dapat membangkitkan rasa kepedulian terhadap kanker leher rahim.

Lebih lanjut dikatakan Ny. A. Risambessy, bahwa sesuai data dari Dinas Kesehatan Kota Tual, terkait program pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam asetat), sudah dilakukan di Puskesmas Desa Fiditan dan hasil pemeriksaan dari bulan Januari sampai saat ini sebanyak 44 orang, dengan positif IVA sebanyak 4 orang, serta positif kanker leher rahim sebanyak 2 orang.


kelanjutan dari acara ini, akan dilakukan sosialisasi dan pemeriksaan berlanjut dari tanggal 21 April sampai dengan 22 Desember 2015 bertempat di seluruh Puskesmas yang ada di 5 kecamatan di Kota Tual. Program ini bertujuan untuk mendorong pencegahan dan deteksi dini kanker, sekaligus meningkatkan kesadaran pencegahan kanker dan pola hidup bersih dan sehat di masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi angka kematian yang diakibatkan penyakit kanker rahim.

Program Nasional Pencegahan Dini Kanker Servik ini dilakukan serentak di seluruh Provinsi/Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, bertepatan dengan peringatan hari Kartini tanggal 21 April 2015. Puncak acara secara nasional dibuka oleh Ny. Iriana Joko Widodo di Kulonprogo Provinsi D.I. Yogyakarta.

Gerakan ini merupakan salah satu wujud kepedulian pemerintah kepada kaum perempuan agar terhindar dari penyakit kanker, dan diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat memberikan kepedulian dan perhatiannya agar kegiatan ini sukses dan berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapakan.

Berita Lainnya :